Translate

Contoh RPP Matematika ( Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) SDIT An-Nuriyah Sekayu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan        :  SDIT An Nuriyah Sekayu

Kelas / Semester           :  2 / 1

Tema                             :  Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                      :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke           :  4

Alokasi waktu                :  1 Hari

Muatan terpadu             : Matematika

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan diberikan gambar kubus satuan, siswa dapat menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka dan tiga angka.
  2. Siswa bisa mengamati tempat nilai bilangan angka dengan dua dan tiga angka.

 

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

 

 

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

5 menit

Inti

(Sintak Model Discovery Learning)

Ø  Siswa mengamati bilangan 121 pada gambar di Buku Siswa.

Ø  Pada halaman ini siswa diajak untuk mengamati nilai tempat bilangan dua angka, kemudian siswa mengamati nilai tempat bilangan dengan tiga angka.

Ø  Siswa menuliskan lambang bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa.

Ø  Siswa menuliskan nama bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa.

 

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Siswa mengulang kembali percakapan yang sudah dibuatnya bersama orang tua. Percakapan bisa diubah sesuai dengan kondisi siswa. Orang tua membantu melengkapi percakapan tersebut, kemudian percakapan tersebut diperagakan bersama orang tua. Kegiatan ini untuk melatih siswa agar selalu menjaga sopan santun bila bercakap-cakap dengan orang lain.

25 menit

Penutup

 

 

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa

Refleksi dan Konfirmas:

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

5 menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASSESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Yaumuddin, S.Ag.,S.Pd

 

Sekayu,    Agustus 2022

Guru Kelas II

 

 

 

Nurayu Fresky Destianti, S.Pd.,M.Si

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN PENILAIAN

1.  Teknik Penilaian

a.  Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.  Penilaian Pengetahuan: Tes

c.  Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja

 

2.  Bentuk Instrumen Penilaian

a.  Sikap

Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.

Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap

No

Tanggal

Nama siswa

Catatan perilaku

Butir sikap

Tindak lanjut

1

 

Zaydan

 

 

 

2

 

Najwa  

 

 

 

3

 

Raffa

 

 

 

...

 

Dan seterusnya

 

 

 

 

b.  Pengetahuan dan Keterampilan

Contoh Rubrik:

 

               Matematika

Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Cacah Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)

Aspek/ Kriteria

Skor

4

3

2

1

Pengetahuan

(kd 3.1) ketepatan bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan

Semua bilangan dinyatakan  dengan benar,

Ada satu bilangan yang dinyatakan  masih salah

Ada dua  bilangan yang dinyatakan  masih salah

Ada tiga  bilangan yang dinyatakan  masih salah

Keterampilan:

(kd 4.1) ketepatan membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan 

Semua bilangan dinyatakan  dengan benar,

Ada beberapa  bilangan yang masih salah dibaca, tanpa bantuan  guru

Ada beberapa  bilangan yang masih salah dibaca, dengan  bantuan  guru

Belum ada bilangan yang masih salah dibaca dengan benar, meskipun dibantu  guru

 

 

D.   REMEDIAL DAN PENGAYAAN

  1. Remedial

1.    Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menjelaskan makna ungkapan dalam teks percakapan dengan baik.

2.    Guru memberikan soal tambahan bagi siswa yang telah mampu menuliskan nama dan lambang bilangan tiga angka dengan benar.

3.    Guru memberikan latihan lanjutan, bagi siswa yang telah mampu menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dengan baik.

 

  1. Pengayaan

1.    Guru memberikan bimbingan dan penjelasan lebih lanjut bagi siswa yang belum mampu menjelaskan ungkapan dengan baik.

2.    Guru memberikan latihan terbimbing bagi siswa yang belum mampu menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dengan baik.

3.    Guru memberikan bimbingan lebih lanjut kepada siswa yang belum mampu menuliskan nama dan lambang bilangan tiga angka dengan benar.

 

E.    SUMBER DAN  MEDIA

·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.

·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

·         Internet websiteedukasi.com

 

 

 

 

 

 

Refleksi Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                  : ……….

2. Ide Baru                  : ………..

3. Momen Spesial       : ………….

DOWNLOAD CONTOH FILE RPP MATEMATIKA

KLIK DISINI 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages