RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDIT An Nuriyah Sekayu
Kelas / Semester :
2 / 1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah
(Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu : 1 Hari
Muatan terpadu : Matematika
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Dengan diberikan gambar kubus satuan, siswa
dapat menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka dan tiga angka.
- Siswa bisa mengamati tempat nilai bilangan
angka dengan dua dan tiga angka.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan
|
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi) 2.
Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan
dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3.
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
5 menit |
Inti |
(Sintak Model Discovery
Learning) Ø Siswa mengamati
bilangan 121 pada gambar di Buku Siswa. Ø Pada halaman ini
siswa diajak untuk mengamati nilai tempat bilangan dua angka, kemudian siswa
mengamati nilai tempat bilangan dengan tiga angka. Ø Siswa menuliskan
lambang bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa. Ø Siswa menuliskan
nama bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa.
Kegiatan Bersama Orang Tua Ø Siswa mengulang
kembali percakapan yang sudah dibuatnya bersama orang tua. Percakapan bisa
diubah sesuai dengan kondisi siswa. Orang tua membantu melengkapi percakapan
tersebut, kemudian percakapan tersebut diperagakan bersama orang tua.
Kegiatan ini untuk melatih siswa agar selalu menjaga sopan santun bila
bercakap-cakap dengan orang lain. |
25 menit |
Penutup
|
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa Refleksi
dan Konfirmas: Refleksi
pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan. |
5 menit |
C.
PENILAIAN (ASSESMEN)
Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes
pengetahuan dan presentasi unjuk kerja
atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
Yaumuddin, S.Ag.,S.Pd
|
Sekayu, Agustus 2022 Guru Kelas II
Nurayu Fresky Destianti,
S.Pd.,M.Si
|
LAMPIRAN PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk
Kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.
Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
No |
Tanggal |
Nama siswa |
Catatan perilaku |
Butir sikap |
Tindak lanjut |
1 |
|
Zaydan |
|
|
|
2 |
|
Najwa
|
|
|
|
3 |
|
Raffa |
|
|
|
... |
|
Dan seterusnya |
|
|
|
b. Pengetahuan dan Keterampilan
Contoh Rubrik:
Matematika
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Cacah Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/ Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan (kd 3.1) ketepatan
bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan |
Semua bilangan
dinyatakan dengan benar, |
Ada satu bilangan yang
dinyatakan masih salah |
Ada dua bilangan yang dinyatakan masih salah |
Ada tiga bilangan yang dinyatakan masih salah |
Keterampilan: (kd 4.1) ketepatan
membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan |
Semua bilangan
dinyatakan dengan benar, |
Ada beberapa bilangan yang masih salah dibaca, tanpa
bantuan guru |
Ada beberapa bilangan yang masih salah dibaca,
dengan bantuan guru |
Belum ada bilangan yang
masih salah dibaca dengan benar, meskipun dibantu guru |
D.
REMEDIAL
DAN PENGAYAAN
- Remedial
1. Guru memberikan latihan
lanjutan bagi siswa yang telah mampu menjelaskan makna ungkapan dalam teks
percakapan dengan baik.
2. Guru memberikan soal tambahan
bagi siswa yang telah mampu menuliskan nama dan lambang bilangan tiga angka
dengan benar.
3. Guru memberikan latihan
lanjutan, bagi siswa yang telah mampu menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dengan
baik.
- Pengayaan
1. Guru memberikan bimbingan dan
penjelasan lebih lanjut bagi siswa yang belum mampu menjelaskan ungkapan dengan
baik.
2. Guru memberikan latihan
terbimbing bagi siswa yang belum mampu menyanyikan lagu Peramah dan Sopan
dengan baik.
3. Guru memberikan bimbingan lebih
lanjut kepada siswa yang belum mampu menuliskan nama dan lambang bilangan tiga
angka dengan benar.
E.
SUMBER
DAN MEDIA
·
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Internet
websiteedukasi.com
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :
……….
2. Ide Baru :
………..
3. Momen Spesial : ………….
DOWNLOAD CONTOH FILE RPP MATEMATIKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar