Translate

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) AQIDAH AKHLAK

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Madrasah                   :    SDIT AN NURIYAH SEKAYU

Mata Pelajaran                     :    Aqidah Akhlak

Pelajaran                               :    1

Tema                                    :    Bersihkan Hati dengan Banyak Menyebut Kalimat 

                                                  Thayyibah

Subtema                               :    Meyakini Allah Swt. dengan mengucap AstagfrullahalAzim

Kelas/Semester                     :    6/1

Alokasi Waktu                     :    1 x 35 Menit

A.    Kompetensi Inti (KI)

 

KI-1

Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam.

KI-2

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI-3

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

KI-4

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     Kompetensi Dasar (KD)

 

1.1

Meyakini  keagungan  sifat  Allah Swt. melalui kalimat tayyibah  seperti  istigfar  (Astagfirullahal azim).

2.1 

Terbiasa  membaca  kalimat  tayyibah  misalnya astagfirullal azim dalam  kehidupan sehari-hari.

3.1

Mengetahui kalimat thayyibah  misalnya  Astagfirullahal  azim.

4.1

Melafalkan kalimat thayyibah   misalnya Astagfirullahal  azim  dan maknanya.

 

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD)

1.1.1.   Mengimani kalimat tayyibah   Astagfirullahal azim

1.1.2.   Mengikuti  kalimat tayyibah   Astagfirullahal  azim

1.1.3.   Menyenangi kalimat tayyibah   Astagfirullahal azim

1.1.4.   Menampilkan kalimat thayyibah   Astagfirullahal azim sehari-hari

2.1.1.   Tata  cara  untuk  membiasakan membaca  kalimat  tayyibah misalnya

Astagfirullahal  azim

2.2.2.   Membaca  kalimat  tayyibah  misal  Astagfirullahal  azim setiap  selesai  salat

lima  waktu     

D.    Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

  1. Mengucapkan kalimat tayyibah Astagfirullahal azim dalam situasi yang benar.
  2. Mengimani kalimat thayyibah Astagfirullahal  azim secara benar.

 

E.     Materi Pembelajaran

  1. Meyakini Allah Swt dengan mengucap Astagfirullahaladzim.

F.     Metode Pembelajaran

1. Pendekatan                          : Sientifik

2. Metode                                :

a)      Observasi

b)      Diskusi

c)      Presentasi

d)      Demontrasi

G.    Media, Alat/Bahan, Sumber Pembelajaran

1.      Media: short card, gambar

2.      Alat/Bahan: kertas, LK

3.      Sumber Pembelajaran: Buku Guru dan Buku Siswa Aqidah Akhlak, Lingkungan alam sekitar.

4.      Media Ajar

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

No.

Kegiatan

Waktu

1.

Pendahuluan / /Kegiatan Awal (5 menit)

1.      Guru mengucapkan salam dan mengajak serta membimbing siswa untuk berdoa bersama.

2.      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan tahap kegiatan pembelajaran

3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

4.      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi meyakini Allah Swt melalui kalimat thayyibah istigfar.

 

 

5

menit

2.

Kegiatan Inti

       Mengamati

1.    Pada  kegiatan  awal  pada  materi tentang  mengenal Allah melalui Asmaul Husna, peserta  didik  diminta  melalui  kegiatan “ Amati  dan  Perhatikan” untuk mengamati  dan  memperhatikan  gambar yang terdapat pada buku teks.

       Menanya

1.      Pada  kegiatan  bernama “Penasaran”, peserta  didik diminta untuk memberi kesan  dalam  bentuk  pertanyaan  dari  hasil  mengamati  dan  memperhatikan  gambar dan  sekaligus  peserta  didik  diminta  untuk  memberikan  jawaban berdasarkan  pengetahuan  yang  dimiliki  oleh  peserta  didik.

       Mengekplorasi/menalar.

  1. Pada  kegiatan “ Buka Cakrawalamu”, peserta  didik  diminta untuk  menyempurnakan jawaban  dari  beberapa  pertanyaan  yang  diajukan peserta  didik sendiri  dengan  membaca  uraian  materi  tentang  bersihkan hati dengan menyebut banyak kalimat thayyibah (istighfar).

       Mengasosiasi/ mencoba

1.      Untuk  menyimpulkan dari  hasil membaca, peserta didik melalui kegiatan “ Kembangkan Wawasanmu”, dipersilakan  untuk mendalami materi melalui kegiatan  diskusi  bersama  peserta  didik  lain yang  berkaitan  dengan  meyakini Allah Swt dengan mengucap kalimat thayyibah Istigfar.

       Komunikasi/demonstrasi/networking

1.      Peserta didik melalui kegiatan ”Refleksi” untuk memberikan konfirmasi atau melakukan presentasi dari hasil diskusi dan hasil dari semua proses pembelajaran kepada peserta didik lain di depan kelas secara bergantian.

2.      Peserta didik diberikan pertanyaan sebagai  kegiatan pos  tes  tentang  materi kalimat thayyibah istighfar

3.      Guru memberikan tugas kepada  peserta  didik  untuk mengidentifikasi frekwensi membaca  istigfar  setiap  hari  bagi  peserta  didik .

 

 

25

menit

3.

    Penutup (5 menit)

1.      Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa mengucap kalimat thayyibah istigfar.

2.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pelajaran yang akan datang.

3.      Guru bersama siswa menutup proses pembelajaran dengan mengucap hamdalah bersama.

 

5

Menit

 

I.       Penilaian Hasil Belajar

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

 

Pada proses kegiatan pembelajaran guru dapat memberikan penilaian melalui lembar observasi sebagai berikut:

 

1.      Penilaian Pengetahuan

a.      Pilihan  Ganda

1.      Jenis  kalimat  tayyibah  yang  diucapkan  oleh  seseorang  yang  bersalah  atau  berdosa  adalah ....

2.      Arti  kalimat  tayyibah Astagfrullahal Azhim  adalah ....

a. Saya  mohon ampun  kepada  Allah  yang  Maha Pemurah

b. Saya  mohon  ampun  kepada  Allah  yang  Maha  Perkasa

c. Saya  mohon  ampun  kepada  Allah  yang  Maha  Agung

d. Saya  mohon ampun  kepada  Allah  yang  Maha Kaya

3.      Bacaan  kalimat  tayyibah  Astagfrullahal  Azhiim diucapkan  ketika  manusia salah  atau  dosa  kepada ....

a. Allah  Swt.                   c. Allah  dan  manusia

b. Orang  tua                    d. Teman  sebaya

4.      Kalimat  tayyibah Astagfrullahal Azhim merupakan  bentuk ...  manusia

a. Taubat                          c. Syukur

b. Zikir                             d. Harapan

5.      Agar  setiap  berbuat salah  atau  dosa dapat  mengucapkan  kalimat  tayyibah Astaghfrullahal’azhiim, maka  kalimat  tersebut  harus ....

a. Dipelajari                     c. Dihafalkan

b. Dihayati                       d. Dibiasakan

6.      Kalimat tayyibah adalah kalimat yang.....

a. buruk                         b. jelek                      c. baik                    d. Biasa

7.      Allah akan mengampuni hambanya apabila...

a. berbuat mungkar                      c. berbuat baik     

b.bertobat                                    d. Berjanji

8.      Jika melakukan kesalahan terhadap sesama manusia segera......

a.bertobat                                     c. berterima kasih          

b.memohon maaf                         d.memusuhi

9.      Tujuan mengucap istigfar adalah.....

a.memuji kekuasaan Allah                      c. memohon ampun

b.mengeluh terhadap Allah                     d. Menyesal

10.  Biasanya kalimat istigfar di ucapkan ketika......

a. mendapat nikmat                     c. memperoleh kesenangan

b. melihat keagungan                  d.selesai salat

 

b.      Essay  (Uraian)

1.      Apakah  arti  kalimat  tayyibah  astgfrullahal   Azim ?

2.      Kapan  kalimat  tayyibah  astgfrullahal  Azim diucapkan ?

3.      Mengapa  umat  Islam  harus  membiasakan membaca  kalimat  tayyibah  astgfrullahal   Azim?

4.      Tulislah Al-Qur’an Surat Al-A’raf ayat 199 beserta artinya dengan baik dan benar!

5.      Mengapa orang mengucapkan kalimat thayyibah istigfar? Jelaskan!

                        Kunci Jawaban :

a.      Pilihan  Ganda

1.   B

2.   C

3.   C

4.   A

5.   D

6.   C

7.   B

8.   B

9.   C

10.  D

b.      Essay  (Uraian)

1.   Saya  mohon  ampun  kepada  Allah yang  Maha  Agung

2.   Setiap  berbuat  salah  atau  dosa

3.   Agar  terjaga  dari  perbuatan  salah  atau  dosa

4.    

Artinya: Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah dari  orang-orang yang bodoh (QS. Al-A›raf (7):199).

5.   Sebagai perwujudan  sikap  menyesal atas  kesalahan  atau  dosa  yang  dilakukan, dengan  kata  lain, ucapan  kalimah  tayyibah Astagfrullahalal Azim merupakan  bentuk taubat seseorang. Karena Astagfrullahal  Azim  artinya “aku mohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung”.

Kriteria  penilaian

Pada uji pengetahuan peserta  didik  diberikan soal pilihan  ganda  sejumlah 10 soal  dan  5 soal  essay dengan  ketentuan sebagai  berikut:

 

1.

Pada 10 soal  pilihan  ganda  diambil  dari  materi tentang  membaca kalimat Thayyibah Istigfar.

Setiap item  soal  benar, skor: 1, sehingga  apabila  peserta  didik  dapat  mengerjakan 10  soal  dengan  benar, maka  memperoleh skor: 10.

2.

Pada  5 soal  essay, setiap  peserta  didik  dapat  menjawab  setiap satu soal dengan  benar, skor: 4. Sehingga  apabila  peserta  didik  dapat  menjawab  5 soal  dengan  benar, skor: 20.

3.

Skor tertinggi: 30

4.

                          Jumlah  skor  yang  diperoleh 

Skor  akhir = ----------------------------------------- x 100

                                      Skor  maksimal

5.

Predikat;

a.  81-100      =  A (amat  baik)

b.  71-80        =  B (baik)

c.  61-70        =  C (cukup)

d.  < dari 60   =  D (kurang)

                            Catatan : Soal dapat dikembangkan oleh guru

2.      Penilaian Sikap

Pada penilaian  sikap  pada  materi  ini, peserta  didik  diminta untuk memberikan jawaban  pada  angket  dengan  jawaban “ ya” atau “ tidak” dari beberapa  pernyataan yang  sesuai  dengan keadaan  peserta  didik  yang  sebenarnya, dengan  ketentuan

 ;

 

3.      Penilaian Keterampilan

Pada  penilaian  ini, peserta  didik  diminta  untuk  memberikan komentar  dan alasan berdasarkan  pengalaman peserta  didik bahwa walaupun  ajaran Islam menyerukan bertaubat  dilakukan dengan  segera, namun kebanyakan  umat  Islam, termasuk  peserta didik  melakukan halal bihalal  pada  hari  raya  Idul Fitri, dengan  ketentuan skor:

 

J.      Rangkuman

Pada kolom “Rangkuman”, guru meminta  kepada  peserta  didik untuk memberikan rangkuman  dari  uraian  materi dalam bentuk  ringkasan materi penting  yang harus dikuasai  yang  berkaitan dengan materi  tentang bersihkan hati dengan  menyebut banyak kalimat thayyibah (istighfar). Seberapapun dan  bagaimanapun  hasil rangkuman  peserta didik, guru  wajib  memberikan reward dengan ucapan  yang  dapat  menumbuhkan semangat. Apabila hasil  dari  rangkuman  peserta didik, kurang  sempurna, maka  guru  sesuai  peran sebagai  fasilitator, maka  guru memberikan  penyempurnaan.

 

K.    Mutiara  Hikmah

Mutiara  hikmah  yang  tertulis  di dalam  materi bersihkan hati dengan  menyebut banyak kalimat thayyibah (istighfar) dengan tujuan mendorong  kepada   peserta didik agar  peserta  didik membiasakan membaca kalimat thayyibah (istigfar) dalam kehidupan  sehari-hari.

 

L.     Pengayaan

Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. Dan guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan. Bentuk  pengayaan  pada  materi  ini  adalah  agar  peserta  didik  dapat mencintai  bacaan  kalimat  thayyibah (Istigfar).

M.   Remedial

Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari identifikasi tersebut, apabila yang  mencapai batas KKM kurang  dari 75 %, maka dilakukan  pembelajaran  remedial secara kelompok. Tetapi  kalau yang  mencapai ketuntasan lebih  dari  75%, maka  dilakukan pembelajaran remedial  secara  individual. Sedangkan  teknisnya, apabila  dilakukan pembelajaran remedial  secara  berkelompok, bagi  peserta  didik  yang  sudah  tuntas, diberikan  materi  pengayaan. Sedangkan  untuk pembelajaran  remedial  secara  individual, dapat  dilakukan  pada  waktu  istirahat atau waktu kosong  lainnya.

N.    Interaksi Guru dan Orang Tua

Kegitan belajar peserta didik di madrasah Ibtidaiyah sebaiknya dikomunikasikan kepada orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan disamping untuk memberikan laporan kegiatan belajar yang telah dialami oleh peserta didik di madrasah Ibtidaiyah, juga  untuk  menyambung  tali  silaturahmi  antara  madrasah  dengan orang  tua. Karena keberhasilan  pendidikan  hanya  dapat  dicapai dengan kolaborasi  secara  bersama-sama  antara  pihak  madrasah  dengan orang  tua  peserta  didik.

Dan  yang  lebih  khusus, ketika  putra-putri  sedang  belajar, agar ditunggui  dan diberikan semangat dan  setelah  selesai dicek, terutama  pada  materi tentang bersihkan hati dengan  menyebut banyak kalimat thayyibah (istighfar),  sehingga  putra-putri senantiasa  terbiasa membaca  istighfar

Bentuk komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru dan  “ kesan orang tua” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid dan orang tua/wali murid diminta untuk memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.

 

Catatan Guru / Refleksi

1. Masalah

 

2. Ide Baru

 

3. Momen Spesial

 

 

Mengetahui,

Kepala SDIT An Nuriyah

 

 

 

 

Yaumuddin,S.Ag,.S.Pd

 

 

Sekayu,       Agustus    2022        

Guru Mapel  A.Akhlaq Kls VI

 

 

 

 

Cholilur Rochman, A.Md

CONTOH  RPP AQIDAH AKHLAK 

DOWNLOAD DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages