RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDIT An Nuriyah Sekayu
Kelas / Semester :
2 / 1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah
(Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 Hari
Muatan Terpadu : PPKn
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Dengan diberikan gambar perisai burung
Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada
Pancasila dengan benar.
- Dengan
diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks
percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada
Pancasila dengan benar.Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa
dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan
benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya
dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
5 menit |
Kegiatan |
(Sintak Model Discovery Learning) Ø Siswa mengamati
gambar perisai burung Garuda yang terdapat simbol-simbol pada Pancasila. Ø Siswa dibimbing
guru untuk memahami simbol-simbol Pancasila. Ø Siswa mengamati
simbol sila pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima. (Hots) Ø Siswa bersama-sama membaca teks Pancasila seperti
terdapat pada Buku Siswa. Ø Siswa memasangkan
simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila. Ø Siswa mengamati
gambar-gambar keluarga yang beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing. Ø Siswa menyebutkan
bunyi sila pada Pancasila yang sesuai dengan gambar-gambar yang ditunjukkan. Kegiatan Bersama
Orang Tua Ø Siswa menceritakan
kembali kepada orang tua mengenai ungkapan yang dipelajari di sekolah. Siswa
mencari ungkapan yang lain dengan dibimbing oleh orang tua, misalnya mencari
dari buku bacaan anak yang ada di rumah, kemudian membuat kalimat tentang
kerukunan di rumah menggunakan ungkapan tersebut. |
25 menit |
Penutup |
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa Refleksi dan Konfirmas: Ø Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk
mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan. |
5 menit |
C. PENILAIAN (ASSESMEN)
Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes
pengetahuan dan presentasi unjuk kerja
atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, Yaumuddin, S.Ag.,S.Pd |
Sekayu, Agustus 2022 Guru Kelas II Siti Komariyah, S.Sy.,S.Pd |
LAMPIRAN
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk Kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
a. Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran.
Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
Tanggal |
Nama siswa |
Catatan perilaku |
Butir sikap |
Tindak lanjut |
|
1 |
|
Zaydan |
|
|
|
2 |
|
Najwa |
|
|
|
3 |
|
Raffa |
|
|
|
... |
|
Dan seterusnya |
|
|
|
b. Pengetahuan dan
Keterampilan
Penilaian dan panduan konversi nilai dapat dilihat
contohnya pada
Pembelajaran 1.
Contoh Rubrik:
1) PPKN
Skor |
||||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Menyebutkan contoh perilaku sesuai dengan sila pertama pada pancasila,
minimal 3 contoh |
Semua contoh penerapan sila pertama pancasila disebutkan dengan benar |
Dua contoh penerapan sila pertama pancasila disebutkan dengan benar |
Satu contoh penerapan sila pertama pancasila disebutkan dengan benar |
Belum bisa menyebutkan penerapan sila pertama pancasila disebutkan dengan
benar |
Kesesuaian Isi cerita dengan penerapan sila pertama pada pancasila |
Isi cerita sesuai dengan penerapan sila pertama pada pancasila
diceritakan tanpa bantuan guru |
Ada sebagian cerita yang belum selesai diceritakan tanpa bantuan guru |
Ada sebagian cerita yang belum sesuai, diceritakan dengan bantuan guru |
Cerita tidak sesuai dengan penerapan sila pertama pada pancasila |
Rubrik Bercerita Penerapan Sila Pertama pada Pancasila
(KD 3.1 dan KD 4.1)
Sikap yang diamati dan dikembangkan adalah percaya diri
D. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
- Remedial
1. Guru memberikan bimbingan bagi
siswa yang belum mampu memahami hubungan antara simbol dan sila-sila pada
Pancasila.
2. Guru memberikan penjelasan
lebih lanjut mengenai penerapan sila pertama dan kedua Pancasila bagi siswa
yang belum mampu menceritakan pengalamannya menerapkan sila pertama dan kedua
Pancasila.
- Pengayaan
1. Guru memberikan latihan lanjutan
bagi siswa yang sudah mampu menghubungkan simbol dengan sila-sila pada
Pancasila.
2. Guru memberikan tugas lanjutan
bagi siswa yang telah mampu menceritakan pengalaman menerapkan sila pertama dan
kedua Pancasila di rumah. Guru
menugaskan siswa menuliskan cerita tersebut.
E. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 2 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Gambar tentang Hidup rukun.
·
Gambar kerukunan keluarga di rumah
·
Gambar burung Garuda
·
Gambar simbol-simbol sila pada Pancasila
·
Internet websiteedukasi.com
Refleksi
Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar